Media Terakui Dewan Pers akan Diberi QR Code

Jakarta – Dewan Pers akan memberikan QR code, tanda bahwa media tersebut terverifikasi, mulai 9 Februari 2017, bertepatan dengan Hari Pers Nasional. “Bertahap,” kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2017.

Pada tahap pertama, Dewan Pers akan memberikan QR code kepada sekitar 18 grup media besar yang menandatangani komitmen Piagam Palembang pada 2012 lalu. QR code, yang diberikan untuk media cetak dalam jaringan, dapat dipindai dengan ponsel pintar dan akan memberi infiormasi mengenai media tersebut. QR Code yang muncul antara lain alamat dan nomor kontak.

Kode tersebut kemungkinan dapat dipalsukan oleh media yang belum terverifikasi, namun begitu dipindai, tidak ada informasi yang muncul.  Sementara itu, untuk platform radio dan televisi, Dewan Pers akan memberikan jingle yang diputar sebelum dan sesudah siaran berita.

Dengan memberikan kode bahwa media tersebut terverifikasi, masyarakat akan dapat memilih untuk mengonsumsi informasi dari media yang terpercaya atau tidak. QR code itu juga akan memudahkan masyarakat membedakan media arus utama dengan media palsu yang kerap menyebarkan hoax.

Untuk media yang belum terverifikasi, seperti yang baru merintis, Dewan Pers mendorong mereka untuk memenuhi persyaratan, antara lain berbadan hukum.(Tmp)