Berita AktualBerita Daerah

Polsek Cikande Amankan Pelaku Pencurian Laptop di SD Al-Mudzakarroh

SERANG,beritaindonesianet- Unit Reskrim Polsek Cikande Polres Serang berhasil mengungkap dan mengamankan berinisial RP (30) pelaku pembobolan sekaligus pencurian di SD Al-Mudzakarroh Desa Cikande Kec. Cikande Kab. Serang.

Pembobolan dan pencurian ini sendiri terjadi pada Kamis (8/9/2022) sekitar pukul 02.00 wib di SD Al-Mudzakarroh Desa Cikande Kec. Cikande Kab. Serang.

Kapolsek Cikande Kompol Indra Feradinata,S.H.,S.I.K.,M.H., dalam keterangannya mengungkapkan, Polsek Cikande mengamankan satu orang terduga pelaku berinisial RP (30), asal Desa Panamping Kecamatan Bandung Kabupaten Serang.

Peristiwa pencurian dengan pemberatan ini diketahui saat pelapor dari SD Al-Mudzakarroh Cikande datang ke sekolah. Salah satu guru di SD Al-Muzakaroh Cikande mendapati bahwa pintu Ruang guru SD Al-Muzakaroh dalam keadaan tidak terkunci.

“Mengetahui hal tersebut, bersama dengan guru-guru yang lain masuk untuk mengecek ke dalam ruang sekolah dan ternyata diketahui 4 unit Laptop merek Asus dan Acer milik SD Al-Mudzakarroh sudah tidak ada ditempatnya atau hilang diduga dicuri, tidak hanya itu bahkan mesin potong rumput dan sejumlah uang yang ada didalam kotak amal masjid dilingkungan sekolah juga hilang, atas kejadian tersebut pihak sekolah mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta dan segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cikande.

Lanjut, Kapolsek Cikande mengatakan, pencurian di SD Al-Muzakaroh terjadi pada 8 September 2022.

“Dan pada 12 September 2022 Kami Polsek Cikande sudah mengamankan Inisial RP (30) diduga pelaku telah melakukan pencurian di SD Al-Muzakaroh,” katanya, Rabu (14/9/2022).

Kompol Indra Feradinata menjelaskan terungkapnya kasus pencurian setelah menerima laporan dari pihak sekolah, bahwa telah hilang 4 unit laptop, serta mesin rumput dan sejumalah uang yang ada didalam kotak amal Masjid.

Dari hasil penyelidikan, kepolisian bersama pihak sekolah mendapatkan informasi adanya jual beli laptop di media sosial facebook. Laptop tersebut diduga milik SD Al-Mudzakarroh yang hilang beberapa waktu lalu.

“Dari hasil penyelidikan diperoleh informasi adanya salahsatu akun di media sosial facebook grup jual beli atas nama akun ROB_BI memposting 1 unit laptop diduga laptop adalah laptop milik pihak sekolah yang hilang,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Cikande mengungkapkan dari postingan di media sosial itu, kepolisian dan pihak sekolah memancing pelaku dan berhasil mengamankan pelaku RP ke Polsek Cikande.

Selanjutnya, setelah pelaku diamankan Polsek Cikande melakukan pengembangan dengan melakukan penggeledahan di rumah kontrakan pelaku, dan berhasil mengamankan barang bukti 3 Unit Laptop lainnya serta obeng yang disembunyikan di rumah kontrakannya,” ungkapnya.

Masih lanjut Kompol Indra menjelaskan dari hasil pemeriksaan RP mengaku beraksi seorang diri, dengan cara merusak gembok Kotak amal dengan menggunakan obeng serta masuk kedalam ruang guru dengan menggunakan kunci yang ditemukan pelaku di lokasi kejadian.

“Awalnya pelaku mencuri isi kotak amal, dan mesin potong rumput. Sewaktu mengambil tali sepatu untuk mengikat mesin potong rumput, pelaku menemukan kunci ruang guru. Kemudian pelaku masuk ke ruang guru dan berhasil mengambil 4 unit laptop. “Terhadap pelaku, dikenakan pasal 363 KUHP pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara,” tandasnya.
(A.Oman)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"