Berita AktualBerita Daerah

Jelang Tahun Politik, Polda Banten Gelar Apel Besar Bhabinkamtibmas

Serang,beritaindonesianet.com-Polda Banten menggelar apel besar Bhabinkamtibmas dalam rangka cek kesiapan Bhabinkamtibmas dalam menjaga Kamtibmas menghadapi agenda besar Nasional jelang tahun politik dan mendukung Pemerintah dalam implementasikan strategi untuk antisipasi krisis kesehatan, energi, keuangan dan supply chain, di lapangan Polda Banten pada selasa (30/08) sekitar pukul 08:30 Wib.

Apel besar Bhabinkamtibmas 2022 ini, di Pimpin oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari didampingi para Pejabat Utama Polda Banten, para Kasat Binmas, dan diikuti seluruh Bhabinkamtibmas dari Polres jajaran Polda Banten yang berjumlah 350 personel.

Dalam kegiatan apel tersebut Ery memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas yang memiliki kerjasama terbaik, Bhabinkamtibmas berprestasi meliputi ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat, merawat ODGJ dan disabilitas.

Ery menjelaskan dalam sambutannya bahwa tugas pokok fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) adalah tanggung jawab dibidang preemtif, sebagaimana tercantum dalam Perkap Nomor 1 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri. “Preeemtif adalah cara bertindak dalam operasi kepolisian yang kegiatannya bersifat penangkalan melalui upaya penataan aspek-aspek kehidupan, pembinaan serta bimbingan terhadap masyarakat,” jelas Ery.

Selanjutnya Ery menyampaikan penekanan Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas di lapangan. “Senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moril dalam mengemban amanah, patuhi ketentuan dan prosedur dalam penampilan diri dan sikap yang humanis, tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan dan bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan sinergi polisional dengan seluruh stake holders lainnya dalam memelihara keamanan dan ketertiban,” tegas Ery.

Lebih lanjut Ery mengatakan bahwa kegiatan apel besar guna pengecekan kesiapan Bhabinkamtibmas ini rutin dilaksanakan baik melalui apikasi maupun terjun langsung ke lapangan. “Kami rutin melaksanakan pengecekan terhadap Bhabinkamtibmas baik melalui aplikasi maupun langsung ke lapangan, karena Bhabinkamtibmas ini sebagai ujung tombak di Polsek atau desanya, kami harapkan juga seluruh Bhabinkamtibmas bisa seperti kawan-kawannya yang mendapat penghargaan tadi, selalin melaksanakan tugas pokoknya juga mengajak masyarakat untuk pemulihan ekonomi seperti menamam melon, budidaya ikan, memperhatikan orang gila di jalanan dan banyak kegiatan kemanusiaan lainnya yang bisa dilakukan,” ujar Ery.

Sementara itu, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Kombes Pol. Sofwan Hermanto mengatakan apel besar Bhabinkamtibmas ini untuk pengecekan dan kesiapan Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertibannya di desa binaannya sebanyak 1.300 desa dengan jumlah Bhabinkamtibmas 680. “Meskipun jumlah Bhabinkamtibmas belum maksimal dengan jumlah desa, tidak menurunkan semangat Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tugasnya menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat,” tutup Sofwan. (Lukman/A.Oman/Bidhumas).

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"