Sekda Al Muktabar Sambut Rombongan Seba Masyarakat Baduy Di Gedung Negara Provinsi Banten

SERANG, beritaindonesine-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Al Muktabar menyambut kedatangan rombongan masyarakat Baduy yang berasal dari Desa Kanekes, Kabupaten Lebak di Gedung Negara Provinsi Banten, Jl. Brigjen KH Syam’un No.5, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Sabtu (7/5/2022).

Dalam penyambutan tersebut, Al Muktabar didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Alhamidi, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Bara Hudaya, beserta jajaran yang menyambut secara langsung di depan gerbang Pendopo Lama atas kedatangan 158 rombongan masyarakat Baduy dari Kanekes.

“Hari ini kita menerima seba masyarakat Baduy, yang ini merupakan acara rutin tahunan. Saya mendapat tugas dari Bapak Gubernur Banten untuk menerima dan menyambut serta melanjutkan berbagai agenda dimana acara intinya akan dilakukan pada malam nanti,” kata Al Muktabar.

Ia juga berharap kegiatan tersebut menjadi satu hubungan keakraban dari masyarakat Banten khususnya masyarakat Baduy dengan Pemerintah Daerah baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

“Kami memaknai itu sebagai salah satu hubungan silaturahmi yang merupakan bagian dari kebanggaan Provinsi Banten,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan syukur atas kondisi pandemi yang terus melandai dan sangat terkendali, sehingga dapat terlaksananya kegiatan Seba Baduy dengan cukup khidmat.

“Tinggal nanti malam acara inti, untuk kita bisa memaknai dari agenda spiritual dari saudara-saudara kita masyarakat Baduy harapkan dan agendakan,” imbuhnya.

Selain itu, ia menuturkan berbagai macam kebudayaan yang ada merupakan sebuah pengikat untuk saling memberikan makna kebersamaan.

“Berbagai kebudayaan keanekaragaman sebagai satu pengikat untuk saling memberi memaknai apa yang kita lakukan di momentum ini,” tandasnya.

Sementara itu Jaro Saija, salah satu Tetua Adat Suku Baduy dan juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak berharap kedatangan dirinya beserta rombongan bisa diterima.

“Kadie harapan kami mah mere peringatan ka urang Banten ku sabeb urang di Baduy sebagai orang Banten sama sarua jeng didie te lepas tina silaturahmi tuh mere peringatan, mun cek Baduy mah eling-eling supaya ingat kabehan (kesini harapannya kami memberi peringatan ke orang Banten, karena orang Baduy sebagai orang Banten sama dengan yang disini tidak lepas dari tali silaturahmi, kalau kata Baduy mah eling-eling supaya ingat semuanya),” ujarnya

Ia juga menyampaikan semua pihak harus ingat dan cinta kepada alam, memelihara alam serta melestarikan alam. Selain itu ia juga berharap kepada semuanya agar dapat mendukung acara seba Baduy

“Inget na urang na kudu cinta alam, mulasara alam, melestarikan alam (ingatnya kita harus cinta alam, memelihara alam, melestarikan alam),” tandasnya.

Upacara tradisional Seba Baduy ini, merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun.

Selalu digelar setiap tahun, Seba Baduy juga diisi oleh prosesi silaturahmi antara masyarakat Suku Baduy dengan pemerintah setempat.

Namun dalam dua tahun terakhir, pelaksanaan Seba Baduy dilakukan secara terbatas akibat dari Pandemi Covid-19. Namun untuk tahun ini, seiring dengan kasus Covid-19 di Banten yang cukup terkendali, Seba Baduy kembali dilakukan dengan kuota yang lebih banyak dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sebelum datang ke Pendopo Lama Gubernur Banten, rombongan Seba Baduy terlebih dahulu singgah di Pemkab Lebak, untuk melakukan ritual yang sama dengan pemerintah setempat.(hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"