Berita AktualBerita Daerah

Anggota Sebimbing Sekundang Kembali Silaturahmi

SERANG, beritaindonesianet- Perantau asal Sumatera Selatan (Sumsel) di Provinsi Banten ternyata cukup banyak. Sabtu ini (30/10), mereka kembali bersilaturahmi di RM Saung Ende, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten.

Para perantau yang tergabung dalam paguyupan Sebimbing Sekundang tersebut sebagian besar sudah tinggal bertahun-tahun lamanya di Bumi Jawara.

Paguyuban itu sendiri resmi dibentuk pada 1986. Paguyuban tersebut awalnya didirikan oleh perantau asal Ogan Komering Ulu (OKU). Tak heran paguyuban ini dinamakan Sebimbing Sekundang, motto dari Kabupaten OKU.

Kendati menggunakan motto dari Kabupaten OKU, Paguyuban Sebimbing Sekundang kini lamban laun diisi oleh perantau dari Kabupaten kota yang lain di Provinsi Sumatera Selatan. Bergabungnya perantau dari berbagai daerah di Sumsel itu membuat Paguyuban Sebimbing Sekundang semakin eksis dan solid.

Untuk menjaga eksistensi diadakan acara arisan yang digelar setiap bulannya. Tujuan arisan tersebut digelar adalah untuk memperkuat tali silaturahmi dan melepas rindu akan kampung halaman. Sebab, setiap acara arisan diadakan, kuliner khas Sumsel akan menghiasi sajian mulai dari pempek, sambal tempoyak hingga pindang.

Ketua Pembina Paguyuban Sebimbing Sekundang HM Ferlie menegaskan tujuan diadakan arisan bukan untuk mendapatkan uang. Akan tetapi lebih dari itu. “Mungkin uangnya enggak seberapa, tapi arisan ini mempersatukan kita,” ungkap Ferlie beberapa waktu yang lalu.

Ia mengungkapkan, Paguyuban Sebimbing Sekundang terbuka bagi siapapun orang Sumsel. Bahkan untuk orang keturunan Sumsel sendiri. “Kita terbuka kalau mau bergabung silahkan,” ungkap mantan Ketua Paguyuban Sebimbing Sekundang ini saat memberikan sambutan acara arisan di Saung Ende.

Sementara Ketua Paguyuban Sebimbing Sekundang Isnen mengaku bersyukur akhirnya anggota Sebimbing Sekundang kembali bisa bersilaturahmi setelah cukup lama istirahat karena kondisi pandemi covid 19.

“Alhamdulillah kita bisa kembali bersilaturahmi. Mudah-mudahan kondisi bisa segera normal kembali,” ujarnya.

Sementara anggota Paguyuban Sebimbing Sekundang Firdaus mengaku senang bisa menjadi anggota paguyuban. “Karena di sinilah kita bisa mengobati kerinduan dengan kampung halaman,” katanya.

Meskipun hanya hadir sebentar karena harus menghadiri acara wisuda putranya, Firdaus mengaku bahagia bisa bertemu dengan oran-orang satu daerah.

“Maaf saya tidak bisa lama-lama di sini karena harus menghadiri acara wisuda anak,” katanya.(fahmi/ henny)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"