Berita AktualBerita Kriminal

Diduga Langgar Prokes, 3 Petinggi KM Diperiksa Polisi

BANDAR LAMPUNG, beritaindonesianet- Direktorat Reserse Kriminal umum Polda Lampung, melakukan pemeriksaan terhadap tiga petinggi Khilafahtul Muslimin (KM) terkait kasus tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) di ruang Subdit 1 Kamneg Ditreskrimum Polda Lampung, pada Rabu (13/10).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, AKBP Reynold Hutagalung, mengatakan, petugas melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang tersangka berinisial AQB (Khalifah/Pimpinan Khilafahtul Muslimin), C alias AB (Ketua Amir Khilafahtul Muslimin wilayah Bandarlampung), dan ZI (Ketua Amir Khilafahtul Muslimin wilayah Lampung Selatan).

“Sebelum dilakukan pemeriksaan penyidikan, petugas melakukan pemeriksaan SWAB Antigen dan pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga orang tersangka,” kata Reynold Hutagalung.

Menurutnya, ketiganya diperiksa atas pelanggaran Prokes pada kegiatan kirab jalan sehat dalam rangka memperingati 1 Muharam pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021 di Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan. “Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Warga Khilafatul Muslimin (KM) Bandarlampung dan Lampung Selatan yang menyebabkan kerumunan, mobilisasi kegiatan masa dari satu tempat ke tempat lainnya dengan tidak menggunakan masker disaat PPKM level 4 di wilayah Lampung,” jelasnya.

Dalam hal ini, lanjut Reynold, ketiga tersangka telah melanggar Pasal 160 KUHP Junto Pasal 55 dan 56 KUHP, serta Pasal 216 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat 1 UU RI Nomor 4 tahun 1984 tentang penularan wabah penyakit menular, dan Pasal 93 Junto Pasal 9 Ayat 1 UU Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. “Terancam hukuman maksimal 4 tahun kurungan penjara,” tegasnya. (Ilham)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"