Berita AktualBerita Nasional

Tarian Cendrawasi Warnai Pembukaan PON XX Papua

JAYAPURA, beritaindonesianet- Tarian dan atraksi beragam seni budaya dan keindahan alam Bumi Cendrawasih, kental mewarnai seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.
Seremoni pembukaan even olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu, dipusatkan di Stadion Utama Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10) mulai pukul 19.00 waktu setempat.
Presiden Joko Widodo mengatakan, PON XX bukan sekedar ajang peningkatan prestasi olahraga. Lebih dari itu, sebagai panggung mempercepat capaian pembangunan untuk kemajuan bangsa, khususnya Provinsi Papua.
“Saya bangga dengan Papua. Bangga berada di sini (Stadion Lukas Enembe) di stadion terbaik se Asia-Pasifik. Stadion ini adalah simbol kesiapan Papua untuk mencapai kemajuan di segala bidang,” kata presiden.
Presiden juga mengatakan, PON Papua adalah panggung persatuan, panggung persaudaraan, panggung kebersamaan untuk mencapai kemajuan bangsa.
“Junjung tinggi semangat sprotifitas, dan persatuan untuk menggapai prestasi olahraga, sekaligus mencapai kemajuan di segala bidang,” ujar Jokowi.
Selain, beragam kesenian dan atraksi kebudayaan Papau, seremoni pembukaan PON XX juga dimeriahkan dengan penampilan group band legendaris Slank, artis Raffy Ahmad, Edo Kondologit serta para seniman lokal Papau. Panitia juga membuka bazar produk UMKM, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.
Puncak acara pembukaan PON XX ditandai dengan penyulutan obor Api PON di Stadion Lukas Enembe oleh pesepakbola legendaris Papua Boaz Solosa.
PON XX Papua yang akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang mempertandingkan 37 cabang olahraga. Lokasi pertandingan dibagi menjadi empat kluster: Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Marauke dan Kabupaten Mimika. (mba)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"