Dindik Tanggamus Nyatakan 2021 Tidak Ada UN Tingkat SD dan SMP

KOTAAGUNG, beritaindonesianet- Dinas Pendidikan Tanggamus menyatakan tahun ini (2021) tidak ada Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD dan SMP.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Ruslan mewakili kepala dinas Pendidikan Yadi Mulyadi, hal itu dipastikan setelah pihaknya menerima Surat Edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor I tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional.

“Ujian Nasional untuk kelulusan tahun ini tidak ada diganti dengan Assesmen Nasional (AN). Sudah ada surat edaran resminya dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” jelas Ruslan di ruang kerjanya. Senin(15/2).

Selanjutnya, Disdik Tanggamus bakal membahas teknis pelaksanaan AN tersebut bersama pihak sekolah negeri dan swasta, Kantor Kementerian Agama, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan lainnya dalam waktu dekat ini.

“Pelaksanaan AN diserahkan ke tiap daerah masing-masing. Untuk teknisnya seperti apa sementara belum tahu karena belum rapat. Nanti hasil rapat itu yang akan dilaksanakan,” kata Ruslan.

Ia menjelaskan, sebenarnya dari tahun lalu sudah ada wacana peniadaan UN. Kebetulan terjadi pandemi Covid-19 dan ditiadakan. Kini keputusan itu berlanjut tahun ini. Maka sudah dua tahun ini UN ditiadakan.

Di luar itu penentuan kelulusan juga diserahkan ke sekolah masing-masing. Keputusan ini berlaku bagi sekolah SD/MI dan SMP/MTs baik yang berstatus negeri dan swasta.

Namun gambaran secara umum untuk AN terdiri dari penilaian kemampuan literasi (membaca) dan kemampuan numerasi (berhitung). Itu untuk modal menilai pelajaran Bahasa Indonesia, matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA) yang ada di tingkat SD dan SMP.

Di Tanggamus dalam tahun ini rencananya siswa yang lulus dari SD/MI sekitar 10.500 siswa, dan tingkat SMP/MTs lebih dari 9.000 siswa.

Selanjutnya keputusan peniadaan UN juga berlaku bagi pendidikan non formal seperti pendidikan paket A dan B. Sebab biasanya keputusan pendidikan formal diterapkan pula di pendidikan non formal.

“Untuk pendidikan non formal keputusan sama, meniadakan UN. Nanti juga kelulusan ditentukan dari asesmen. Karena keputusan pendidikan formal dan non formal sama,” kata Ruslan. (glh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"