Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Ternak Sapi

GISTING, beritaindonesianet- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menyerahkan secara simbolis Bantuan Ternak Sapi dan Bantuan Pengembangan Sistem Perbenihan Hortikultura, kepada sejumlah Kelompok Tani, yang ditempatkan di Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting, Selasa (12/01).

Turut mendampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Catur Agus Dewanto, Camat Gisting Purwanti dan Pj Kakon Purwodadi.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan berasal dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, berupa bibit ternak sapi sebanyak 40 ekor, yang diberikan kepada Kelompok Tani Sido Makmur III Pekon Gistingatas, dan Kelompok Tani Waringin Kencana I Pekon Gistingatas, Kecamatan Gisting.

Sedangkan Bantuan Pengembangan Sistem Perbenihan dari Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, dengan jumlah Rp 100 juta, diberikan kepada KWT Wahana Putri Pekon Purwodadi dan KWT Srikandi Pekon Campang, Kecamatan Gisting.

“Dengan adanya bantuan ini, harapannya kondisi Petani dan Peternak kita lebih baik lagi dan lebih sejahtera. Kami akan tetap berupaya agar bantuan dari
Pusat tetap mengalir ke Kabupaten Tanggamus,” harap Bupati.

Bupati juga berpesan kepada KWT dan Poktan yang menerima bantuan, untuk merawat dan memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya, agar produktifitas meningkat.

“Ini sifatnya sebagai stimulus, sebagai rangsangan agar kita dapat lebih mengembangkannya lagi,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati berharap agar dengan bantuan pembenihan bibit ini, akan mengurangi ketergantungan Petani dengan benih impor. Kemudian terhadap para Peternak diharapkan dapat mengembangkan usaha ternaknya, sehingga nantinya Kabupaten Tanggamus dapat berswasembada daging sapi.

Mengakhiri sambutannya, Bupati kembali menghimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita terus berupaya untuk bersosialisasi dan mengedukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi ini. Kita berdoa, semoga pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus dapat segera berakhir,” pungkas Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Catur Agus Dewanto menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan Program Kementerian Pertanian Tahun 2020 yang didapatkan berdasarkan usulan Bupati Tanggamus melalui kunjungan ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dukungan dari Komisi IV DPR RI.

“Bantuan ini merupakan Program Tahun 2020. Kita dapatkan berdasarkan usulan Bupati pada saat berkunjung ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dibantu Ketua Komisi IV DPR RI, yakni Pak Sudin,” terangnya.

Catur berharap bantuan lainnya dari Kementerian akan terus didapatkan oleh Kabupaten Tanggamus. Guna mempercepat pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Tanggamus dan meningkatkan kesejahteraan Petani.(glh/jal)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"