Berita AktualBerita DaerahRedaksi

Dukcapil Kabupaten Kota di BantenSiaga Layani Adminduk selama Pilkada 2020

TANGERANG,  beritaindonesianet-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) kabupaten kota yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah di provinsi Banten menyiagakan petugasnya untuk melayani aduan dan keluhan masyarakat terkait admininistrasi kependudukan (adminduk)  saat pilkada 2020.

“Kita menyediakan call centre di masing-masing dukcapil yang daerahnya melaksanakan pilkada, ” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak,  Kependudukan,  dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina usai mendampingi Gubernur Banten Wahidin Halim yang melakukan monitoring pilkada di zona I Tangerang Selatan,  Rabu (09/12).

Secara detail,  Nina menjelaskan bahwa pelayanan adminduk lebih ditingkatkan sampai hari H pelaksanaan pilkada,  baik pelayanan jemput bola maupun pelayanan di masing-masing kantor dukcapil, maupun UPTD atau kecamatan maupun kelurahan yang melaksanakan pelayanan adminduk.

“Misalnya pelayanan adminduk bagi kaum disabilitas atau lansia atau pemilih khusus, ” ujar Nina yang didampingi Kasi Pembinaan Capil DP3AKKB Tb Nurul Huda.

Diharapkan,  melalui pelayanan adminduk maka diharapkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hk suaranya meningkat.

“Dan teman-teman Dinas Dukcapil Kabupaten Kota yang melaksanakan pilkada standbye untuk mendukung kelancaran pulkada 2020. Dan secara online masing-masing sudah membuka call centre untuk mempermuda pelayanan,” ujar Nina.

“Jadi kalau ada pertanyaan, petugas TPS bisa menelpon ke call centre yang ada, ” jelas Nina.

Sementara dari data operator Dukcapil Tangerang Selatan pada Rabu 9 Desember 2020 siang,  jumlah pemilih yang melakukan perekaman KTP karena: 1. Penggantian KTP Rusak langsung diganti sebanyak 4 blanko 2. Pemberian KTP el bertepatan 17 Tahun pd hari ini sebanyak 3 orang 3. penerbitan ulang atas KTP el hilang sebanyak 13 blanko. (hen)

 

 

 

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"