Kadis DP3AKKB Banten Imbau Pelaku UMKM Lebih Inovatif, Proaktif, Berani Ambil Resiko, dan Kreatif

TANGERANG, beritaindonesianet-Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dihimbau untuk lebih inovatif, proaktif, berani mengambil resiko, dan kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis. Hal tersebut dilakukan karena makin banyaknya bisnis UMKM yang bermunculan saat ini.

“Ibu-ibu dalam memasarkan produk, jangan hanya berpuas diri dengan hasil yang didapat sekarang. Tetapi harus lebih inovatif, proaktif, berani mengambil resiko, dan kreatif,” ujar Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina saat sambutan pada acara┬áSosialisasi Keamanan Pangan Ipemi Banten 2020 Terhadap UMKM Kuliner di Tangerang Selatan, Banten, Minggu siang (29/11).

Menurut Nina, adanya pandemi saat ini jangan malah membuat para pelaku UMKM hanya berdiam diri. “Masa pandemi ini malah ibu-ibu memiliki peluang besar, dari kita dan untuk kita.”

Nina mengungkapkan jika antar pelaku UMKM satu dengan yang lain harus saling menunjang. “Ibu-ibu di sini pasar bisnisnya bagus, tapi alangkah baiknya untuk bahan dasar pengolahan makanan diambil dari pelaku UMKM di Pandeglang misalnya. Kemarin saya ke daerah Cikeudal, di sana, ibu-ibunya memproduksi emping yang dijual dengan harga murah.”

Pada kesempatan tersebut, Kadis DP3AKKB Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina ditanya tentang adanya peluang bantuan program untuk para pelaku UMKM yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Tangerang Selatan. Menanggapi hal tersebut, Nina menjawab jika program baru akan ada di bulan Maret 2021 mendatang. “Baru di Maret, siapa saja bisa mengajukan.”

Meskipun demikian, kata Nina, para pelaku UMKM sebaiknya tidak hanya mengadalkan program bantuan pemerintah saja. “Kalau hanya mengandalkan anggaran pemerintah, enterpreneurship masih kurang. Ini harus partisipasi masyarakat.”

Sementara Fasnas Ipemi Banten Hj Sherisada Manaf mengajak para pengurus dan anggota Ipemi untuk bersatu agar bisa maju bersama. “Kita harus bersatu untuk maju,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, selain adanya sosialisasi keamanan pangan bagi para pengurus dan anggota Ipemi, sejumlah pelaku UMKM juga memamerkan produk usaha mereka. (hen)

 

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"