Tingkatkan Keselamatan Jalan Tol, ASTRA Tol Tangerang-Merak Gelar Kampanye Keselamatan 2020

 

TANGERANG,  beritaindonesianet Sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan di Jalan Tol, ASTRA Tol Tangerang-Merak menggelar Roadsafety Workshop sebagai bagian dari program Kampanye Keselamatan 2020 ASTRA Infra. Pada Roadsafety Workshop kali ini mengangkat topik “Aspek-aspek Keselamatan Jalan Tol dan Teknik Investigasi Faktor Penyebab Kecelakaan dan Fatalitas di Jalan Tol”. Kegiatan ini diselenggarakan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Polda Banten dan PJR Tol Tangerang-Merak sebagai narasumber dan dihadiri oleh Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Rinaldi dan Wakil Dirlantas POLDA Banten, AKBP Maesa Soegriwo, S.I.K serta diikuti oleh armada layanan lalu lintas jalan tol ASTRA Infra.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Rinaldi dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Jalan Tol Tangerang-Merak secara konsisten senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan softkill dan hardskill armada layanan lalu lintas. “Sebagai bagian garda terdepan dalam melayani pengguna jalan, armada layanan lalu lintas harus terus mendapatkan pembaharuan ilmu pengetahuan dan aspek-aspek penanganan lalu lintas jalan tol. Dengan begitu kita dapat mengoptimalkan layanan kita,” terang Rinaldi.

Acara ini dilaksanakan di ASTRA Tol Learning Center, Kantor Gerbang Tol Cikupa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan disiarkan juga secara online kepada semua badan usaha jalan tol grup ASTRA Infra. Kegiatan dibagi menjadi 4 sesi yaitu, Sistem Keselamatan di Jalan Tol, Teknik Investigas kecelakaan, Aspek Hukum dan Penindakan Pelanggaran Keselamatan Jalan, dan TPTKP Laka Lantas di Jalan Tol.

“Melalui workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kepekaan kita sebagai pengelola jalan tol terhadap aspek-aspek keselamatan di jalan tol”, kata Rinaldi. Acara ini menitikberatkan pada pelaksaan pengawasan di jalan tol sebagai upaya untuk menurunkan tingkat fatalitas di jalan tol, penanganan kecelakaan sesuai dengan prosedur keselamatan, serta meningkatkan sinergitas antara pengelola jalan tol dengan instansi pemerintah dalam mengkampanyekan keselamatan.

Menurut KNKT, faktor terbesar terjadinya kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia yang berkendara pada rentang waktu pukul 00.00 s.d. 05.00 WIB, serta faktor kondisi kendaraan pengguna jalan yang tidak optimal. Untuk itu kampanye keselamatan bersama secara konsisten dilaksanakan oleh jalan tol Grup ASTRA Infra dengan memperhatikan aspek keselamatan 3E (Education, Engineering dan Enforcement).

ASTRA Tol Tangerang-Merak berkomitmen dalam melakukan peningkatan kseleamatan jalan berupa; melakukan peningkatan dan perawatan berkala terhadap fasilitas keamanan jalan tol seperti lampu peringatan (warning lamp), smart CCTV, anti-glare (layar anti silau yang ditempatkan di median jalan), rumble strip dan rumble dot, Wire Rope dan Weigh in Motion (alat timbang kendaraan), perambuan dan lampu penerangan jalan.  Kampanye imbauan keselamatan juga dilaksanakan melalui sosialisasi dan edukasi pada media publikasi yang berada di sepanjang jalan tol dan media sosial serta informasi jalan secara real time yang dapat diakses melalui layanan sentra informasi dan komunikasi 24 jam, papan elektronik variable message sign (VMS) dan akun resmi media twitter. Peningkatan kompetensi petugas juga rutin dilaksanakan melalui simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas, pelatihan defensive driving dan sertifikasi dibidang keselamatan.

 Kampanye Keselamatan ini merupakan turunan dari program Ayo Aman Berkendara yang dicanangkan grup ASTRA Infra pada Program Bulan Keselamatan yang diselenggarakan secara nasional oleh seluruh Ruas Jalan Tol ASTRA Infra.(hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"