Rakernas I, Ketum SMSI Harap Pengurus Kompak dan Bersatu

ANYER,  beritaindonesianet-Ketum SMSI Pusat, Firdaus, mengharapkan agar pengurus SMSI di seluruh Indonesia kompak dan bersatu. Hal tersebut diungkapkannya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Marbella Anyer, Serang,  Banten, Sabtu-Minggu, (26–27/09).

Firdaus juga berharap agar anggota SMSI bisa menulis pemberitaan yang baik.

Senentara di saat pandemi Covid-19, Firdaus berharap agar anggota SMSI bisa men-support dan bergabung di Siberindo.co yang merupakan bagian dari SMSI.

Rajernas tersebut dibuka Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun. Hadir pula secara langsung Bupati Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus Anggota Kehormatan PWI, Dodi Reza Alex Noerdin.

Rakernas I SMSI tersebut juga dihadiri Menteri Kominfo Jhonny G Plate dan Anggota DPR RI Aziz Syamsudin secara virtual.

Peserta yang hadir berasal dari 34 provinsi. Salah satunya Ketua SMSI Provinsi Lampung Donny Irawan.

“Tujuan Rakernas I untuk memantapkan organisasi SMSI secara nasional dan menyusun program kerja ke depan,” ujar Donny, Sabtu malam, 26 September 2020.

Ada beberapa provinsi tidak hadir langsung karena situasi Covid-19. Namun mereka tetap mengikuti Rakernas I secara virtual.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengatakan, SMSI saat ini merupakan asosiasi siber terbesar di Indonesia, dengan jumlah anggota 1.224 perusahaan media.

“Data dari Dewan Pers memang begitu. Bisa jadi tidak hanya di Indonesia, perlu dicatat di MURI Jaya Suprana,” ujarnya.

Ketua Dewan Pakar SMSI ini berharap, dari pelaksanaan Rakernas ini bisa menghasilkan ide-ide yang segar, praktis dan pragmatis serta memberi jalan keluar yang elegan bermuara pada kepentingan bangsa.

“SMSI juga harus ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Data di Dewan Pers juga mencatat dari pengaduan berita, 90 persen dari berita online,” ungkapnya.

Menkominfo Johnny G Plate melalui rekaman video yang ditayangkan meminta SMSI ikut berperan menyehatkan demokrasi dan menjadi aktor penting di era digital.

Menurut Menkominfo, menjadi keharusan SMSI berbenah guna memberikan kontribusi positif sebagai satu aktor bagi Indonesia maju.

“Terutama menanggulangi berita hoaks, kekacauan informasi dan pornografi. Justru hal itu sering muncul di Facebook, instagram, Twitter dan Youtube. Butuh peran media siber,” ujar Johnny.

Ketua SMSI Pusat, Firdaus, mengatakan, SMSI saat ini sudah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

Saat ini, SMSI memiliki perwakilan di 34 provinsi di Indonesia, dengan jumlah anggota 1.124 perusahaan media.

“Boleh dikatakan, SMSI organisasi terbesar di Indonesia bahkan di dunia. karena mampu mempersatukan seribu lebih holding dalam satu wadah,” kata Firdaus.

Dijelaskan, dalam Rakernas SMSI ini akan membahas beberapa isu, seperti terkait peran media siber dalam pilkada serentak, membangun jaring laba-laba, dan diskusi terkait persaingan bisnis media siber.

“Rakernas ini sangat penting bagi SMSI yang berisikan para pengusaha dan pengelola media siber di Indonesia,” tegas Firdaus.

Dia berharap, dari rakernas ini dapat menghasilkan output yang positif. Baik terhadap mitra kerja maupun anggota SMSI di seluruh Indonesia.

“Melalui rakernas pertama pasca disahkan menjadi konstituen Dewan Pers, saya berharap SMSI dapat menjadi organisasi yang profesional, solid, kuat dan sejahtera,” pinta Firdaus.

Bupati Musi Banyuasin, Sumsel, Dodi Reza Alex Noerdin mengakui keberadaan SMSI vital dalam upaya bersama memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat.

“Media siber adalah bagian dari warga yang Kami anggap mitra penting dan bina dengan baik. Tak kurang 72 media siber di daerah Kami yang bekerja sama dengan pemkab, dalam upaya memajukan dan menyejahterakan masyarakat,” jelasnya.(hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"