Berita AktualBerita Daerah

Bupati Serang Apresiasi Peguron yang Perkuat Karakter Anak

 

SERANG, beritaindonesianet-Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi seluruh Paguron yang membantu perkuat karakter anak di Kabupaten Serang. Hal itu, disampaikan Tatu dalam sambutannya sebelum membuka Gebyar Festival Pencak Silat Tradisional di Pantai Florida Kampung Ciparaya, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka pada Rabu (29/1).
Tatu menjelaskan, Paguron bukan hanya mengajarkan jago beladiri namun juga membentuk karakter disiplin dan keimanan. ”Pastinya sebelum berlatih ditanya sudah sholat dan ngaji belum,” ujar Tatu.

Dia juga berkomitmen, melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan mendorong keberadaan Paguron untuk melestarikan seni pencak silat. “Dengan lomba ini sikap sportif perlu ditanamkan sejak dini. Jadi, kalah atau menang mereka harus mengakui,”katanya.

Dia menilai, ajang festival sebagai ajang silaturahmi antar padepokan. “Bisa juga sebagai evaluasi selama latihan yang sudah dilakukan,” tuturnya.

Tatu juga berpesan, agar paguron mendidik anak Kabupaten Serang agar menjadi atlet tingkat nasional hingga internasional. “Dibawah pengawasan Paguron saya percaya anak-anak tidak akan terbawa arus negative,”ucap Tatu.

Selain itu,Dia berharap,kegiatan tersebut berdampak pada peningkatan perekonomian dan menjadi daya tarik wisatawan di Cinangka dan Anyer. Karena, tingkat kunjungan wisawatan masih belum pulih setelah bencana tsunami pada akhir tahun 2018 lalu.
“Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan baik dari kecamatan lain atau daerah lain di Provinsi Banten”ungkapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugraha, pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Serang, dan ribuan peserta festival pencak silat.

Ketua Pelaksana Gebyar Festival Pencak Silat Tradisional Zona Serang Barat, Isa Sarmani mengapresiasi dukungan Pemkab Serang dengan bisa terselenggaranya festival. “Pada intinya kami mengucapkan terima kasih khususnya Ibu Bupati Serang karena selalu mendukung keberadaan Paguron dalam melestarikan pencak silat,”ujarnya. (odeh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"