Tingkat Pengangguran Banten Tertinggi se-Indonesia

SERANG, beritaindonesianet – Badan Pusat Statistik (BPS) merelease Banten sebagai provinsi yang mempunyai Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi se-Indonesia. Tingginya tingkat pengangguran terbuka ini paling banyak disumbang dari Kabupaten Serang.

Berdasakan data BPS, angka pengangguran di Provinsi Banten pada Agustus 2019 ini sebesar 8,11`persen sebenarnya menurun dibandingkan tahun 2018 lalu yang berjumlah 8,52 persen. Tetapi, angka ini menjadi angka tertinggi dibandingkan angka pengangguran nasional yang hanya 5,28 persen.

“Sebenarnya pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka pengangguran ini, dan memang sudah ada penurunan, tapi upaya daerah lain mungkin lebih  canggih sehingga angka pengangguran di Banten masih paling tinggi se-Indonesia,” ujar Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana, usai release di aula BPS Provinsi Banten, Selasa siang (5/11).

Selain Banten, Jawa Barat menduduki peringkat kedua pengangguran tertinggi se-Indonesia. “Sebenarnya jumlah pengangguran di Jawa Barat lebih banyak dibandingkan Banten, tetapi jumlah penduduk di Jawa Barat juga lebih banyak lagi dibandingkan Banten,” papar Adhi.

Berbeda dengan Provinsi Bali yang berdasarkan survey BPS tingkat pengangguran terbukanya malah paling rendah. “Karena di Bali banyak lahan pekerjaan. Di Bali, orang yang nanya tempat aja dan dijawab malah menjadi lahan pekerjaan dan dibayar orang,” ujar Adhi yang mencontohkan profesi guide. Sementara di Banten, profesi seperti ini belum terlalu diminati.

Menurut Adhi, ada sejumlah penyebab tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten saat ini. “Pertama karena bulan Februari hingga September ini Banten mengalami kemarau panjang. Akibatnnya banyak petani yang menganggur dan menunggu di rumah sambil berharap hujan turun.”

Penyebab lainnya karena ada beberapa industri yang merumahkan karyawannya. “Di antaranya kasus merumahkan karyawan Krakatau Steel dan tutupya perusahaan Sandratex di Tanggerang Selatan,” jelas Adhi.

Adhi mengakui tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten paling banyak terjadi di Kabupaten Serang sebanyak 10,65 dan Kabupaten Tanggerang. “Sebenarnya, tingginya pengangguran ini bukan berarti yang menganggur banyak warga asli daerah tersebut. Di daerah ini kan banyak pabrik, makanya banyak pencari kerja yang berasal dari luar daerah ikut bersaing mencari kerja di daerah tersebut,” katanya. (hen)

 

 

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"