Kabupaten Serang Penyumbang Terbesar Tingginya Pengangguran di Banten

SERANG, beritaindonesianet – Kabupaten Serang menjadi penyumbang terbesar tingginya tingkat pengangguran di Provinsi Banten. Hal ini terungkap saat release Badan Pusat Statistik di aula kantor BPS Provinsi Banten, Selasa (5/11).

Dari data BPS bulan Agustus 2019, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Serang 10,65 persen. Angka ini sebenarnya menurun dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 12,78 persen, tetapi dibandingkan TPT kabupaten kota lain se-Banten, angka ini yang paling tinggi.

Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana mengakui tingginya angka pengangguran di Kabupaten Serang tak lepas dari keberadaan kawasan industri yang menarik minat para pencari kerja, tidak hanya dari Kabupaten Serang sendiri tetapi juga pencari kerja dari daerah lain di Provinsi Banten, bahkan dari luar provinsi juga.

“Sebenarnya, pemda sudah berusaha melakukan berbagai program dan berhasil menurunkan angka pengangguran tetapi TPT nya masih tetap lebih tinggi dibandingkan kabupaten kota lain,” kata Adhi.

Tingginya angka TPT Kabupaten Serang juga berdampak terhadap tingginya angka TPT Provinsi Banten. Sehingga dalam data BPS bulan Agustus 2019, Tingkat Pengangguran Provinsi Banten menduduki peringkat tertinggi se-Indonesia sebanyak 8,11 persen. Prosentasi ini melebihi angka TPT Nasional yang hanya 5,28 persen.

Dalam release tersebut, salah satu perwakilan Bappeda Kabupaten Serang mengaku terkejut karena TPT Kabupaten Serang menjadi yang tertinggi. Padahal, sejumlah dinas sudah melakukan berbagai program untuk menurunkan angka pengangguran.

“Kita banyak mendaftarkan para pencari kerja ke BLK (red. balai latihan kerja) tapi saat dipanggil dan ada penempatan ternyata tidak diizinkan oleh orang tuanya. Banyak alasan-alasan sepele yang tapi menjadi alasan penambah pengangguran,” ujar PNS yang enggan disebutkan identitasnya tersebut.  (hen)

 

 

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"