Berita AktualBerita Daerah

KSOP Peringatkan Keselamatan Penumpang Jadi Prioritas

CILEGON, beritaindonesianet- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan kelas satu banten, menggelar bimbingan teknis peningkatan keselamatan pelayaran kapal motor penumpang, yang melintas di perairan merak – bakauheni pada hari Kamis 24 Oktober 2019 di salah satu hotel yang ada di kota Cilegon banten. Bimtek ini diketahui sebagai tindak lanjut instruksi menteri perhubungan Republik Indonesia nomor IM 10 tahun 2018 untuk Meminimalisasi terjadinya angka kecelakaan laut.

“bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku pelayaran, baik operator kapal, maupun pengusaha kapal akan pentingnya keselamatan penumpang, sehingga memiliki komitmen yang sama dalam menjamin keselamatan penumpang sampai pada tujuannya”, ungkap kepala KSOP kelas satu banten, Herwanto yang ditemui di sela-sela bimtek tersebut.

Ia bahkan mengakui, masih banyak pelanggaran berupa alat keselamatan yang tidak terpasang dengan baik, serta alat pemadam kebakaran yang tidak berfungsi saat dilakukan pemeriksaan, untuk itu pihaknya juga menghadirkan direktorat perkapalan dan kepelautan kementerian perhubungan Republik Indonesia, untuk menyampaikan tata cara dan aturan kelaikan kapal yang baik dan benar.

“Pasca digelarnya bimtek ini, tidak ada lagi negoisasi, bahkan pihaknya mengaku akan memberikan sanksi jika masih ditemui adanya pelanggaran “, imbuh Herwanto.

Diketahui, ada sekitar 71 unit kapal yang beroperasi di perairan merak bakauheni saat ini.(lia)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"