Wartawan Olahraga Harus Kenal Cabor yang Diliput

BANDARLAMPUNG, beritaindonesianet – Memilih profesi sebagai wartawan olahraga harus mempunyai sikap dan komitmen yang jelas dalam mewarnai dan memberikan nilai plus pada sisi pembinaan prestasi atlet. Oleh karenanya wartawan olahraga harus mengenal betul cabang-cabang olahraga yang diliputnya, agar tidak keliru dalam memahami sebuah pertandingan.

Ini disampaikan wartawan senior, Muhammad Irianto Hatta, dalam program pembekalan wartawan olahraga peliput Pekan olahraga Wilayah X se Sumatera, Senin 14 Oktober 2019, di ruang Rapat KONI.

Irianto dihadirkan sebagai salah satu nara sumber dalam penulisan dan sikap wartawan olahraga terhadap dunia olahraga.

“Saya melihat sebuah pergeseran pandangan pada wartawan olahraga saat ini dibanding pada era saya dan kawan-kawan di tahun 1990 – 2000-an.” Katanya.

Wartawan olahraga idealnya tidak hanya sekedar menulis berita soal olahraga sesuai dengan apa yang terpampang di saat pertandingan saja.
Namun harus berani mengambil sikap dan berkomitmen untuk ikut larut dalam sebuah sistem pembinaan cabang olahraga yang diliputnya.

“Tidak harus turut campur dalam kepelatihan atau manajemen. Namun harus jeli melihat kekurangan dan kelebihan dalam sebuah organisasi cabang olahraga yang diliputnya. Kekurangan dan kelebihan ini merupakan kunci memberikan koreksi kepada pihak-pihak yang terkait.” tambahnya.

Irianto mencontohkan bahwa wartawan olahraga bisa menjadi seorang agent olahraga rahasia, atau sport intelligence.

“Artinya, wartawan olahraga punya kesempatan besar untuk turut dalam penggalian masalah yang terjadi di cabang olahraga, untuk meningkatkan prestasi atlet cabang itu. Wartawan olahraga punya kemampuan menggali persoalan yang ada di cabor lebih detail. Namun hal ini bukan semata-mata untuk ditulis, melainkan bisa memberikan masukan kepada pihak terkait dalam penyelesaiannya,” tutur mantan redaktur olahraga Lampung Post era tahun 1990-an itu.

Jika wartawan olahraga Lampung bisa memberikan kontribusi kepada KONI Lampung dalam kegiatan kesehariannya meliput cabang olahraga prestasi sambil mendalami persoalan yang ada di setiap cabor itu, maka ini akan memberikan dampak positif pada prestasi olehraga Lampung.

Irianto meyakinkan para wartawan muda peserta pembekalan itu agar memulai dengan sikap dan komitmen yang utuh dalam bidang olahraga. “Kalau kalian fokus, maka kalian akan tau betapa mengurus cabang olahraga, menjadi pelatih dan atlet itu punya tantangan tersendiri. Maka jadilah wartawan olahraga dengan komitmen yang fokus. Kalian tidak harus menulis kekurangan atau kesalahan atau katakanlah borok cabang olahraga di media, tetapi dengan kekurangan yang kalian lihat, bisa disampaikan kepada pihak terkait, misalnya KONI atau siapapun itu, untuk mendapatkan solusi. Bukan diadu,” terangnya.

Dalam pembekalan yang digagas oleh Humas KONI Lampung itu diikuti para wartawan olahraga dari TV, Radio, Surat kabar dan media online itu juga dibukan kesempatan diskusi tentang materi dan tata cara dalam peliputan olahraga yang dkan melakukan liputan dalam Porwil X di Bengkulu, 2-9 November 2019. (mba)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"