Berita AktualBerita Pendidikan

UNBK Provinsi Banten Berjalan Lancar

SERANG, beritaindonesianet-Ujian Nasional Berbasik Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Banten berjalan lancar. “Dari hari pertama pelaksanaan UNBK sampai sekarang berjalan lancar. Tidak ada kendala,” demikian ditegaskan Wakil Gubernur Banten, H. Andika Hazrumy usai meninjau pelaksanaan UNBK tahun pelajaran 2018-2019 di SMAN 1 Baros, Kabupaten Serang, Kamis (04/04).

Wagub menegaskan, kelanncaran UNBK tahun pelajaran 2018-2019 SMA di Provinsi Banten berkat kesiapan seluruh elemen yang terlibat dalam UNBK, seperti kesiapan panitia dan  sekolah dalam mempersiapkan segala sarana prasarana dan mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. “Ini berkat kesiapan semua pihak,” tandasnya.
UNBK SMA dilaksanakan sejak Senin, 1 April 2019. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UNBK, Wagub meninjau langsung ke SMAN 1 Baros Kab. Serang. Dalam pantauannya, Wagub
didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Engkos Kosasih. Wagub Andika meninjau pelakasanaan UN di luar ruangan sejak pukul 07.30 dan memastikan pelaksanaan UNBK ini berjalan lancar. “Kunjungan kali ini hanya untuk memastikan pelaksanaan UNKB SMK, baik negeri maupun swasta di Provinsi Banten berjalan baik, lancar, dan tidak mengalami kendala,” tuturnya
Wagub Andika berharap, pelaksanaan ujian yang baik mampu memberi hasil yang baik pula bagi para peserta. “Kita melihat dalam kapasitas teknis dalam pelaksanaan ujian ini terutama fasilitas, kesiapan panitia serta kita juga mengecek jaringan internetnya. Allhamdulilah dari hari pertama hingga sekarang pelaksanaan UNBK di SMA I Baros ini tidak ada kendala dan masalah,” ucap Wagub.
Dalam pelaksanaan UNBK ini, lanjut Wagub, sebelumnya meminta panitia harus memperhatikan peralatan dan penunjang UN, diantaranya computer,  jaringan internet, dan listrik.  Untuk aliran listrik, misalnya, sebelumnya dibuat MoU dengan PLN untuk kepastiannya. Hal ini dilakukan, karena apabila ada ganguan tentunya akan menjadi permasalahan bagi siswa/sisiwi yang sedang ujian. “Tetapi allhamdulilah sampai saat ini, saya mendapatkan laporan dari Kadis Pendidikan dan Kepala Sekolah SMAN I Baros tidak ada kendala dari awal sampai hari ini,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional SMA di Provinsi Banten sudah semua sekolah menggunakan UNBK. “Dan, UNBK ini sudah 100% dilaksanakan di Provinsi Banten sejak dua tahun lalu,” katanya.
Sedangkan, Kepala Sekolah SMAN I Baros Rohadi mengatakan, siswa/siswi yang mengikuti UNBK di SMA I Baros sebanyak 279 siswa. “Allhamdulillah mereka datang semua, sejak pukul 06.30 sudah datang ke sekolah walaupun pelaksanaan UNBK jam 07:30,” katanya. Panitia disiapkan untuk mengawasi dan memastikansiswa-siswinya untuk mengikuti UNBK. “Sedangkan untuk pengawas berasal dari beberapa sekolah melalui sistem silang, jadi tidak ada kecurangan karena pengawasnya dari luar sekolah SMA I Baros,” sambung Rohadi.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"