Mantan Ajudan JK Dilantik Jadi Kapolda Banten

Jakarta – Enam kapolda dan kadivpropam Polri melaksanakan serah terima jabatan hari ini, Senin (20/8/2018). Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang memimpin langsung upacara sertijab tersebut.

“Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat,” kata Tito di ruang rapat utama Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta Selatan.

Mereka yang ikut sertijab di antaranya, Kapolda Papua yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Boy Rafli Amar kini diisi oleh Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai kadiv Propam Polri. Sementara itu, Kadiv Propam Polri yang baru dijabat oleh Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai kapolda Banten.

Kemudian, Kapolda Banten yang baru akan dijabat oleh Brigjen Teddy Minahasa. Diketahui, Teddy Minahasa merupakan mantan ajudan wakil presiden Jusuf Kalla. Kapolda Sumut yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Paulus Waterpauw kini dijabat oleh Brigjen Agus Andrianto. Kemudian, Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Nandang kini dijabat oleh Brigjen Widodo Eko.

Kapolda Lampung Lama yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Suntana kini digantikan oleh Brigjen Purwadi Arianto. Sementara itu, Kapolda Kepri yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Didid Widjanardi kini dijabat oleh Irjen Andap Budhi Revianto. Selain itu, terdapat 29 pejabat Polri lainnya yang dilantik dalam upacara sertijab ini.

Sertijab dilakukan merujuk kepada mutasi yang dilakukan kapolri sesuai tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

“Melaksanakan acara serah terima jabatan sejumlah kapolda dan pejabat utama di antaranya kadiv Propam itu juga jabatan strategis di lingkungan Polri. Ini di-trigger karena adanya pejabat-pejabat utama yang pensiun,” katanya lagi. (viv)