Pilihan Aktivitas Sehat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan – Sibuk adalah kata-kata klise bagi keluarga modern saat ini. Ayah dan ibu bekerja sepanjang hari, sementara anak-anak bersekolah. Akibatnya, hampir tidak ada waktu bagi keluarga untuk melakukan aktivitas bersama. Apalagi melakukan aktivitas sehat bersama, pasti sangat jarang.

Setelah menyibukkan diri dengan berbagai kegiatannya dari Senin hingga Jumat, ada baiknya keluarga merancang kegiatan bersama yang tentunya menyehatkan. Memasuki akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda mengajak keluarga melakukan beberapa hal yang bisa membuat badan lebih sehat. Nilai plusnya, aktivitas bersama keluarga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Sementara itu, dalam The U.S. Substance Abuse and Mental Health Services Administration disebutkan terdapat kaitan antara kualitas hubungan keluarga dengan kesehatan mental di masa depan. Kondisi mental anak ternyata bisa terganggu jika waktu berkumpul bersama orang tua di rumah sangat minim atau bahkan hampir tidak ada.

Pilihan aktivitas sehat untuk Anda dan keluarga

Melihat dari penjelasan di atas, merancang waktu untuk beraktivitas bersama keluarga adalah cara yang efisien untuk mempererat ikatan antar anggota keluarga sekaligus menyehatkan badan.

  1. Kerja bakti membersihkan rumah

Menurut Dan John, ahli kebugaran dari Amerika Serikat, ada empat gerakan dasar untuk beraktivitas bersama, yakni mendorong, menarik, mengayun, dan jongkok.

“Ada gerakan dasar manusia yang berfungsi sebagai landasan aktivitas sehari-hari. Jika fokus pada gerakan tersebut, kualitas hidup Anda akan meningkat,” ujar Dan John.

Membersihkan rumah bisa menjadi pilihan untuk membuat badan makin sehat. Anda bisa menemukan gerakan mendorong dan menarik ketika memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain saat ingin merubah tata ruangan. Selain itu, mengepel lantai juga termasuk dalam kegiatan mendorong.

Mengayun dan jongkok bisa didapatkan dari aktivitas menyapu dan mengepel lantai. Sebab Anda perlu berjongkok untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam kolong meja atau tempat tidur. Ajaklah anak-anak untuk berpartisipasi agar mereka bisa merasakan manfaat kesehatan dari aktivitas tersebut.

  1. Joging

Selain cukup mudah, joging juga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Kemudahan dalam melakukan joging membuat Anda dan keluarga bisa berkomitmen menjalankannya secara teratur.

  1. Manfaatkan car-free day

Car-free day atau hari bebas kendaraan biasanya berlangsung pada hari Minggu. Beberapa kota besar di Indonesia sudah melaksanakan kegiatan ini. Car-free day juga bisa menjadi ajang rekreasi bagi Anda sekeluarga.

Anda bisa berjalan kaki, berlari, bersepeda, senam, bersepatu roda, hingga sekadar bersenda gurau di area car-free day tanpa terganggu dengan polusi kendaraan atau tertabrak kendaraan yang lalu-lalang. Di sini Anda sekeluarga dapat menikmati udara segar sambil melakukan aktivitas olahraga.

  1. Jalan santai bersama

Selain menyehatkan, jalan santai bersama cocok untuk meningkatkan kebersamaan dan membangun ikatan emosional di antara anggota keluarga. Anda bisa membayangkan, berjalan dengan bergandengan tangan pastinya sangat menyenangkan.

Olahraga jalan santai bisa dibilang olahraga paling mudah. Anda hanya butuh niat dan semangat untuk bisa melakukannya.

Meski keseharian Anda dan keluarga diwarnai dengan kesibukan masing-masing, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak berolahraga atau melakukan aktivitas penunjang kesehatan lainnya. Yuk, mulai rancang aktivitas sehat bersama keluarga secara berkala. Selain membuat badan sehat, cara ini dapat meningkatkan keharmonisan keluarga Anda. (np/rvs)

Sumber: Klik Dokter