Berita AktualBerita Daerah

Dirlantas Polda Banten Atur Lalulintas Menggunakan Sepeda

Serang – Ada kegiatan unik dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Banten pagi ini, Jum’at (27/7/2018). Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo beserta jajaran turut mengatur lalulintas di sejumlah titik di Kota Serang dengan mengendarai sepeda.

Menurut Kombes Pol Tri Julianto, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menggelorakan transportasi sehat dan merakyat (TSM), salah satunya dengan menggunakan sepeda.

“Alhamdulillah kita mengajak anggota kita untuk menggalakkan program TSM sekaligus masyarakat kita ajak untuk bagaimana menggunakan program transportasi sehat dan merakyat program TSM ini,” kata Tri saat ditemui di lampu merah Kebon Jahe, Kota Serang.

Ia menjelaskan, ada tiga kegiatan yang ada dalam program TSM tersebut, yakni berjalan kaki, kedua bersepeda dan ketiga menggunakan moda transportasi umum.

“Ini cukup bagus karena ini akan mengurangi kepadatan lalulintas, mengurangi polusi udara dan mengurangi kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalan,” jelasnya.

Tri berharap agar pemerintah daerah bisa memfasilitasi para pengguna sepeda untuk mengurangi tingkat kepadatan kendaraan dan mengurangi polusi udara.

“Kalau jarak jauh mungkin baru menggunakan kendaraan bermotor, kalau cuma dalam kota pakai sepeda ini akan lebih bagus. Dampaknya bagi kesehatan dan bisa mengurangi polusi dan kepadatan lalu lintas,” pungkasnya. (man)