Menteri Rini: 2.600 Rumah di Banten Akan Dapat Sambungan Listrik Gratis

Serang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan ‎2.600 rumah di Banten akan menikmati listrik gratis.  Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan,‎ BUMN bersinergi untuk meringankan beban masyarakat yang belum menikmati listrik, dengan memberikan sambungan gratis untuk masyarakat tidak mampu. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rini mengungkapkan, sambungan listrik gratis tersebut dibiayai oleh perusahaan BUMN yang berinvestasi di daerah sekitar wilayah tersebut dan PT PLN (Persero). Salah satu wilayah yang jadi sasaran Desa ‎Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kebupaten Serang, Banten.

“Kami BUMN bagaimana caranya BUMN yang investasi di daerah Banten ini memberikan dukungan untuk bisa memberikan sambungan listrik,” kata Rini, saat mengunjungi rumah yang mendapat sambungan listrik gratis, di Desa ‎Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kebupaten Serang, Banten, Jum’at (13/7/2018).

Menurut Rini, permasalahan masyarakat yang belum menyambung listrik sampai saat ini, meski sudah ada jaringan di sekitarnya adalah  ketidakmampuan untuk menyambung listrik, sebab itu BUMN keroyokan turun tangan mengatasi permasalahan tersebut.

“Karena permasalahannya bukan karena mereka tidak bisa membayar bulanannya, tapi sambungan listriknya memang cukup mahal ya kan pada dasarnya hampir satu juta untuk sambungannya‎,” tutur Rini.

Direktur Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengatakan, untuk Provinsi Banten ditargetkan 26 ribu rumah mendapat sambungan listrik gratis, khusus di Desa Panenjoan ada 55 rumah yang mendapat sambungan listrik gratis, dengan daya 450 volt Amper (VA). ‎Biaya penyambungan ditanggung oleh PT Angkasa Pura II dan PLN.

“Pelaksanaan program BUMN, untuk Provinsi Banten dapat jatah 2.600 sambungan. Ini tahap pertama untuk dilistriki sinergi BUMN,” tandasnya.

Direktur Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengatakan, untuk Provinsi Banten ditargetkan 26 ribu rumah mendapat sambungan listrik gratis, khusus di Desa Panenjoan ada 55 rumah yang mendapat sambungan listrik gratis, dengan daya 450 volt Amper (VA).

Sementara untuk biaya penyambungan ditanggung oleh PT Angkasa Pura II dan PLN. “Pelaksanaan program BUMN, untuk Provinsi Banten dapat jatah 2.600 sambungan. Ini tahap pertama untuk dilistriki sinergi BUMN,” tandasnya. (man)