Berita AktualBerita Daerah

Stok Beras di Banten Aman

Serang – Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten mengatakan, persediaan atau stok pangan di Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon aman untuk konsumsi masyarakat selama enam bulan kedepan.

“Jelang Lebaran, stok pangan aman. Pemantauan ini dilaksanakan untuk memastikan ketersediaan pangan dan stabilisasi harga,” ujar Feriyanto, Sabtu (2/7/2018).

Ia menjelaskan, pemantauan sudah dilaksanakan sejak tanggal 22 Mei 2018, yaitu di wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

“Tanggal 30 Mei 2018 di wilayah Kota Serang dan Kota Cilegon. Dari hasil pemantauan, alhamdulillah stok pangan di Banten secara umum cukup dan tidak terjadi lonjakan harga,” ucapnya.

Kendati ada kenaikan harga pada sejumlah barang, namun ia memastikan tidak terlalu signifikan. Feriyanto juga memastikan bahwa di Banten tidak akan mengalami kekurangan pangan pada Lebaran 1439 Hijriyah ini. Namun, lanjutnya, keterlambatan dalam distribusi pangan ke konsumen bisa saja terjadi.

“Penyebabnya, bisa karena cuaca yang berdampak pada transportasi dari gudang ke konsumen terhambat atau keadaan transportasi yang mengalami kemacetan menjelang lebaran,” katanya.

Meski demikian, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten tetap waspada menghadapi kemungkinan terjadinya kelangkaan pangan di masyarakat.

“Karena itu, Tim Satgas Pangan Provinsi Banten akan terus melakukan pemantauan terhadap stok dan harga pangan tersebut,” kata dia.

Sementara itu, apabila terjadi kelangkaan pangan, menurut Kepala Seksi Ketersediaan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Eli Juartini, pihaknya segera berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Bulog, kepolisian dan pemerintah kabupaten/kota untuk segera mencari penyelesaiannya.

“Tim Satgas Pangan segera bergerak,” kata Eli.

Sementara itu, Kepala Sub Divre Bulog Serang, Renanto Horison memberikan pernyataan optimis Banten tidak akan kekurangan pangan.

Renanto optimis, pada menjelang lebaran tahun ini, tidak akan terjadi kekurangan pasokan pangan dan lonjakan harga pangan yang signifikan.

Suasana di lapangan juga menunjukkan permintaan pangan yang normal. Pemilik distributor pangan di Pasar Blok F Kavling Cilegon, Lilis menyatakan, sampai saat ini pasokan pangan masih normal. Tidak ada kelangkaan.

“Demikian juga permintaan pangan tidak ada kenaikan,” bebernya.

Keadaan serupa terjadi di Toko Beras Terus Jaya Pasar Kranggot Kota Serang. Nuraida, penjaga toko tersebut mengatakan, pihaknya memasok kebutuhan beras ke daerah Anyer dan sekitarnya.

“Stok di toko tersedia normal, tidak ada kekurangan,” papar Nuraida. (red/war)