Berita AktualBerita Daerah

Menaker Ingatkan Disnaker Banten Lakukan Percepatan Skill Canaker

Serang – Dalam kunjungan kerjanya ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri mengingatkan Kepala Pihak Balai untuk memastikan pelatihan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri. Pasalnya, saat ini terjadi ketidakcocokan kesediaan tenaga kerja yang berasal dari pendidikan formal dengan kebutuhan industri yang ada, yang angkanya mencapai 37 persen.

“Jika dari 10 pencari tenaga kerja yang melamar ke Industri, hanya berkisar 3 hingga 4 orang saja yang dibutuhan perusahaan karena memiliki skill yang dicari,” imbuhnya, kemarin.

Menteri Hanif juga mengakui jika keahlian para pencari tenaga kerja di Indonesia khususnya Provinsi Banten masih rendah. “Karena itu, saya mengingatkan semua Dinas Tenaga Kerja baik di Provinsi, maupun kabupaten dan kota untuk melakukan percepatan peningkatan skill para pencari tenaga kerja ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Hanif mengungkapkan jika saat ini lulusan BBPLK atau BLK Serang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, sebagian besar lulusannya pasti dicari kalangan Industri, karena memiliki kemampuan yang dibutuhan. Hanif juga sempat menguji coba sepeda dan motor listrik hasil karya siswa balai latihan kerja ini. “Saya berharap agar kemampuan siswa ini bisa juga dimiliki oleh warga Banten lainnya yang membutuhkan tenaga kerja,” tandasnya. (hen)