Berita AktualBerita Nasional

ASTRA Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

 

                                                            Tangerang, beritaindonesianet  – Menghadapi libur Imlek 2018, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tamer) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

Lalu lintas pada libur panjang kali ini diprediksi mengalami peningkatan dari rata-rata harian di Tol Tangerang-Merak yaitu mencapai 120 ribuan kendaraan per hari atau naik 4,47% dari 118 ribu kendaraan.

Demi peningkatan pelayanan, saat ini ASTRA Tol Tamer sedang melakukan pekerjaan penambahan lajur ke-empat yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur, dipastikan pekerjaan tersebut tidak akan mengganggu operasional jalan.

“Kondisi jalur dan marka jalan Ruas Tol Tangerang-Merak semuanya dalam kondisi baik. Meskipun terdapat pekerjaan penambahan lajur Ruas Cikupa-Balaraja, hal ini tidak mempengaruhi operasional jalan. Dapat kami pastikan semua jalur tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” kata Direktur Teknik dan Operasi Sunarto Sastrowiyoto PT Marga Mandalasakti.

Meski demikian, ASTRA Tol Tamermengharapkan pengguna jalan tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan, agar tercipta kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat berkendara di Jalan Tol Tangerang-Merak.

ASTRA Tol Tamer juga tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi.. “Manajemen lalu lintas ini bersifat situasional. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di Akses Cilegon Barat, maka dimungkinkan untuk dilakukan manajemen lalu lintas dengan cara mengalihkan kendaraan dari atau menuju ke arah Anyer melalui Gerbang Tol Merak,” kata Rakhmatullah Manajer Lalu Lintas dan Informasi Operasional (PLL & IO) PT Marga Mandalasakti.

Kecenderungan tren lalu lintas liburan kali ini diprediksi akan dipadati oleh pengguna jalan yang akan menuju Anyer dengan lebih memilih rute melalui Gerbang Tol Cilegon Timur kemudian melalui Jalan Lingkar Selatan Cilegon.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang menuju Anyer, ASTRA Tol Tamer siaga untuk membuka Gerbang Tol Keluar Cilegon Timur sebagai prioritas guna antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di depan gerbang tol.

Layanan Fasilitas Tol Tangerang-Merak

 Peningkatan layanan transaksi pun dilakukan dengan melakukan optimalisasi pengoperasian gardu dan penambahan petugas jaga. Di Gerbang Tol Cikupa, terdapat penambahan petugas yang berjaga untuk memastikan kelancaran transaksi bagi pengguna jalan. Sehingga bila pengguna jalan memerlukan bantuan pada saat melakukan transaksi petugas akan siap sedia membantu.

Untuk menambah kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Tamer menyediakan layanan pengisian ulang/top up uang elektronik di setiap kantor gerbang dan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak yaitu di KM 43, KM 68 arah Merak dan KM 68, KM 45.

Sejumlah upaya pun dilakukan ASTRA Tol Tamer untuk mengurangi angka kecelakaan dengan memastikan pelengkapan rambu-rambu jalan, pemasangan spanduk himbauan aman berkendara di beberapa titik sepanjang tol, pemanfaatan media elektronik Variable Message Sign (VMS) baik di jalur maupun mobile dan optimalisasi observasi petugas layanan lalu lintas pada waktu rawan, serta relokasi lampu peringatan.

ASTRA Tol Tamer juga memberikan informasi kondisi dan situasi lalu lintas terkini yang terjadi di Tol Tangerang-Merak melalui akun twitter resmi @tol_mms.

Selain itu, fasilitas layanan Tol Tangerang-Merak lainnya tetap dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan pada saat libur panjang ini, yang terdiri atas:

  1. Penambahan 4 Gardu Tol Otomatis single class diEntrance Cikupa yang semula17 unit kini menjadi 21 unit GTO siap melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.
  2. Kenyamanan dalam berkendara juga diwujudkan dengan penambahan pemasangan 2 Weigh in Motion(WIM). Setelah Gerbang Cilegon Barat, kini WIM juga terpasang di Gerbang Serang Barat dan Cilegon Timur, sehingga total WIM menjadi 3 unit.
  3. Sebanyak 14 (empat belas) unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, 5 unit kendaraan Patroli jalan tol, 6 unit kendaraan patroli Polisi Jalan Raya (PJR), 4 unit kendaraan Ambulance dan 3 unit kendaraan Rescue termasuk 1 unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, 1 unit kendaraanSky lift, 2 unit kendaraan crane serta 2 unit kendaraan Water Tank.
  4. 18 (delapan belas) unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang Tol Tangerang-Merak. Selain itu bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak memasang 2 unit VMS di KM 37+000 dan KM 66+000 arah Merak khusus untuk memberikan informasi tentang situasi lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak. Mobile VMS juga terpasang pada 2 unit kendaraan layanan lalu lintas ASTRA Tol Tamer yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak khususnya pada saat keadaan darurat.
  5. 45 (empat puluh lima) unit kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang di beberapa lokasi di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan.
  6. Layanan Informasi (Call Center) 24 Jam Tol Tangerang-Merak dapat diakses pada nomor telepon 0254-20 78 78, Bebas Pulsa 0-8001-77-78-79,serta di twitter @tol_mms dan website www.margamandala.co.id. (Odeh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"