Kebakaran, 14 Kereta Cepat China Setop Beroperasi

Internasional – Sebanyak 14 kereta api cepat China jalur Beijing-Shanghai dilaporkan berhenti beroperasi setelah salah satu rangkaian kereta jalur itu terbakar di Stasiun Dingyuan, Provinsi Anhui, China, Kamis (25/1).

Berdasarkan keterangan Shanghai Railway Group, kereta cepat bernomor G281 bertolak dari Stasiun Qingdao, Provinsi Shandong, menuju Hangzhou sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Kereta kemudian berhenti secara darurat di Stasiun Dingyuan sekitar pukul 11.53 setelah salah satu gerbongnya terbakar.

Diberitakan China Daily, perusahaan kereta mengatakan gerbong terbakar akibat arus pendek atau korsleting.

Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan gerbong terbakar menimbulkan kepulan asap hitam di tengah turunnya salju di musim dingin.

Dilansir Reuters, meski otoritas melaporkan tidak ada korban dalam insiden ini, pihak Shanghai Railway Group enggan memaparkan jumlah total penumpang pada kereta tersebut.

Evakuasi penumpang dilakukan tak lama kemudian. Para penumpang dipindahkan ke kereta cadangan sekitar pukul 15.00 sore setelah kereta terbakar berhasil dikeluarkan dari jalur rel.

Melalui situsnya, Shanghai Railway Grup mengatakan investigasi tengah dilakukan untuk mengetahui penyebab arus pendek dan kebarakan terjadi.

Radio Nasional China mengatakan sedikitnya 17 jawal kereta cepat jalur lainnya ikut tertunda akibat peristiwa ini. (nat)