Petani dan Nelayan Kabupaten Serang Ingin Punya Wakil di Legislatif

SERANG, beritaindonesianet – Kaum petani dan nelayan yg masih terpinggirkan hidupnya merasa harus memiliki wakilnya dalam ranah pengambil kebijakan. Selama ini hidup petani dan nelayan masih selalu tersudutkan oleh kebijakan-kebijakan yg dianggap tidak pro terhadap Mereka. Laut yang menjadi ruang kelola milik nelayan misalnya mulai terganggu, akses terhadap laut menjadi terbatas dengan adanya zonasi wilayah pesisir yg harus dibagi dengan zona pertambangan. Banyak regulasi yang dilahirkan yg tidak berpihak kepada mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

Kaum nelayan di Kabupaten Serang misalnya, selalu was was dengan kebijakan perijinan pertambangan pasir laut yg selalu mengancam kehidupan melaut mereka. Kebijakan mengeluarkan ijin pertambangan tersebut justru mematikan kehidupan nelayan karena rusaknya ekosistem Perairan laut. Hancurnya terumbu karang dan biota laut membuat penghasilan mereka ketika melaut turun drastis, ditambah pencemaran limbah industri yang mengganggu budidaya rumput laut mereka. Kondisi itu membuat nelayan tidak berkutik dan selalu pasrah dg nasibnya.

Suhantor salah seorang perwakilan nelayan Desa Kubang Puji,Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang angkat bicara. Selama ini menurut dirinya nasib sebagai nelayan tidak pernah berubah,selalu dibelit kemiskinan. “Menjadi harga mati bagi kami kaum nelayan untuk mendudukan wakil kami di legislatif pada pemilu 2019 nanti, agar nasib kami ada perubahan. Selama ini yg kami pilih dalam pemilu tidak pernah bisa berbuat banyak memperjuangkan nasib kami sebagai nelayan.
Kami kaum nelayan sepakat, di pemilu 2019 harus berhasil. Mendudukan wakil kami yang selama ini selalu memperjuangkan kaum nelayan, khususnya di Serang Utara” tegasnya saat diwawancarai wartawan, Sabtu (7/12).

Didesak siapa yang akan diusung menjadi legislator untuk mewakili nelayan, Suhantor menyebutkan Daddy Hartadi adalah kawan nelayan. Selama ini Daddy selalu gigih berada digarda terdepan ketika menyangkut soal nasib nelayan dan persoalan kelautan perikanan. “Bukan 1 atau dua tahun kang daddy mendampingi kami, sudah bertahun tahun kami ditemani kang Daddy. Dia Pemuda yg cerdas dan tangguh. Kepalanya tidak pernah bisa dibeli. Pemikirannya selalu dicurahkan untuk memikirkan kami para nelayan di Serang utara”, ujarnya dg nada lantang.

Lain lagi dengan yang disampaikan Fahruri, nelayan asal Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa yg juga penggiat mangrove di Lontar. “Kang Daddy Hartadi bukan orang baru bagi kami, ribuan nelayan di Lontar mengenal Kang Daddy. Selama ini Kang Daddy selalu memimpin perjuangan kami para nelayan Lontar. Saya mengenalnya sebagai pribadi yang teguh. Orangnya ngotot dan cerdas, kami merasa terwakili oleh kang Daddy selama ini. Nelayan lontar akan gotong royong mendudukan kang Daddy sebagai wakil kami di Legislatif”, tuturnya dg rasa optimis

Sementara ketua Serikat Nelayan Lontar Marsyad yang biasa dipanggil kang Boy juga menyampaikan nada yg sama dengan Fahruri. “Kalo Kang Daddy gak aneh, disini (Lontar-red) nelayan dan ibu ibu nelayan sangat mengenalnya. Kami sudah sepakat, kami harus diwakili oleh orang seperti kang Daddy dilegislatif,” tukasnya.

Ternyata Daddy Hartadi juga bukan hanya familiar dikalangan nelayan, tapi dikenal juga dikalangan petani. Aris Alfajar Sekretaris Gerakan Pemuda Tani Indonesia Kabupaten Serang menyampaikan, Kang Daddy Hartadi sudah menjadi milik semua, bukan hanya nelayan tapi juga petani. Kang Daddy sangat familiar dikalangan kelompok tani. Karena selama ini juga konsen membangun pertanian jagung dengan memanfaatkan lahan lahan tidur. Petani menurut Aris merasa terbantu dengan gerak kang Daddy selama ini, karena petani mendapatkan manfaat bantuan program perluasan areal tanam jagung yang diperjuangkan kang Daddy. “Banyak kelompok tani yang terbantu dg program jagung yang diperjuangkan kang Daddy, saya rasa kang Daddy pantas dan sah sah saja jika diharapkan menjadi legislator mewakili kaum tani dan nelayan karena kerjanya kongkrit dan dirasakan oleh petani dan nelayan,terlebih kang Daddy diusulkan menjadi kandidat pemuda inovator kementrian pertanian 2018 karena. Keberhasilanya membangun minat pemuda pada pertanian jagung”, terangnya bangga

Haji Bandar ketua kelompok tani Sahabat, Desa Domas Kecamatan Pontang merasakan betul manfaat dari perjuangan Daddy Hartadi. Saya bisa mengolah lahan hampir 20 hektar dan mendapatkan benih jagung berkat perjuangan kang Daddy. “Dia (Daddy Hartadi-red) pemuda yg gigih dan gemar memperjuangkan hak orang lain, saya mengakui kerja kerja kerakyatannya dan telah merasakan manfaatnya. Tidak berlebihan kalo saya pun mendukungnya untuk berkiprah di Legislatif mewakili petani,” harapnya.

Sementara Daddy Hartadi Dikonfirmasi ditempat terpisah soal banyaknya harapan masyarakat nelayan dan petani agar dirinya maju mewakili kaum tani dan nelayan menyikapinya dengan rendah hati. Menurutnya harapan masyarakat tidak berlebihan, dirinya hanya menjalankan nuraninya selama ini. Perjuangan perjuangan bersama nelayan dan petani selama ini katanya hanyalah upaya untuk bisa bermanfaat untuk orang lain dan orang banyak. Didesak apakah akan mengamini harapan mereka para nelayan dan petani utk mewakili menjadi legislator, pemuda yang sering menjadi narasumber di televisi dan Hobi memancing dilaut ini hanya berharap semua harapan itu dapat terjawab pada waktunya. “Tuhan punya takdir atas diri saya. Jadi apapun saya, selama bisa bermanfaat untuk orang lain akan saya jalankan. Saat ini bekerja dan bekerja untuk rakyat saja”, pungkasnya. (*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"