Berita AktualBerita Daerah

Kapolda: Perayaan Natal dan Tahun Baru di Banten Aman

Serang – Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Danrem 064/Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Hediarto dan tokoh agama dan sejumlah ormas islam menyambangi Gereja GBI Kota Serang, Gereja HKBP Kota Serang, Gereja Katolik Kristus Raja, terakhir di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponogoro. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan pada perayaan natal berjalan aman dam lancar.

Kapolda meyakinkan masyarakat perayaan Natal dan tahun baru di Banten aman. Menurutnya, sejauh ini tidak ada ekses yang menonjol yang mengancam keamanan di wilayah Banten.

“Sampai saat ini berjalan lancar, tidak ada peristiwa menonjol, baik di jalur penyeberangan, semuanya lancar,” kata Listyo usai mengecek keamanan gereja di Jalan H Mayor Abdullah, Kota Serang, Banten, Minggu (24/12/2017).

Sejauh ini, toleransi umat beragama di wilayah Provinsi Banten terjaga dengan baik. Terlihat ormas Islam dari Banser NU, Perguroan TTKDH, turut andil menjaga keamanan di lingkungan gereja bersama pihak dari Kepolisian dan TNI.

“Semua terlibat menjaga keamanan, dari Polri, TNI, Pemda, ormas Islam, bersatu menjaga kemanan dari hari kemarin hingga hari ini,” ujarnya.

Dalam upaya pengamanan Natal dan Tahun baru, Polda Banten mengerahkan 1.656 personel polisi. Ribuan personel tersebut ditempatkan di objek wisata sampai Pelabuhan Merak. Ribuan polisi tersebut juga dibantu oleh TNI, Dishub, dan aparat Pemda setempat yang ikut membantu sebanyak 4.000 orang.

Selain pengerahan personel, sebanyak 40 pos pengamanan (pospam) didirikan mulai dari Tangerang sampai ke Merak di titik rawan kecelakaan dan kemacetan.

Hal senada dikatakan Danrem 064/Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Hediarto. Dirinya berharap pelaksanaan kegiatan di akhir tahun dapat dilakukan dengan aman dan lancar.

“Kami menjamin  keselamatan dan kemanan semua umat kristiani dapat melaksanakan natal dengan lancar,” tegasnya. (man)