PWI Launching HPN 2018

JAJARTA, beritaindonesianet-PWI resmi melaunching Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan dipusatkan di Padang Sumatera Barat pada 9 Februari 2018 mendatang. Acara launchung berlangsung di Auditorium TVRI Jakarta, Minggu (10/9)

Launching HPN 2018 tersebut disiarkan secara live di TVRI ini dihadiri Ketua Umum PWI Pusat Margiono, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Sekretaris Kementrian Pariwisata, Kementrian Kominfo, dan berbagai organisasi pers seperti PWI, Forum Pemred, PRSSNI, SPS, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan beberapa konstituen Dewan Pers.

Ketua Umum PWI Pusat sekaligus penanggungjawab HPN 2018, Margiono menegaskan bahwa Hari Pers Nasional bukan sebagai ajang hura-hura para insan pers, namun justru sebagai hari kebangkitan pers yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan demokrasi di Indonesia, selain juga berdampak bagi promosi dan pembangunan daerah tuan rumah penyelenggara.

“Jadi kami mempunyai tolok ukur yang jelas bagi setiap daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah HPN, biasanya akan terlihat dalam dua atau tiga tahun pasca penyelenggaraan, jika dalam masa itu.tidak ada perkembangan pembangunan di daerah tersebut, kemungkinan akan kami tunjuk lagi menjadi tuan rumah”, Ujar Margiono.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berterimakasih atas kepercayaan insan pers atas penunjukan Sumatera Barat sebagai tuan rumah HPN 2018, dan berharap kegiatan HPN akan berdampak positif bagi promosi pembangunan dan destinasi pariwisata di Sumatera Barat.

“Pada HPN nanti dipastikan akan dihadiri ratusan bahkan ribuan wartawan baik lokal, nasional maupun mancanegara. Para wartawan yang hadir ke daerah kami tentu akan menulis banyak hal tentang Sumatera Barat. Dan sudah bisa dipastikan Sumatera Barat akan menggemparkan dunia,” ujarnya.

“Berbagai potensi pariwisata dan budaya yang ada di Sumatera Barat sudah diakui dunia, baik kulinernya, pariwisatanya maupun budayanya”, tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Kementrian Pariwisata Ukus Kuswara berharap pelaksanaan HPN 2018 berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat, serta mendukung program kementrian pariwisata berupa penyediaan 30 ribu homestay pada 2018.

“Kalau membangun hotel itu butuh waktu lama, tapi untuk penyediaan honestay cukup efektif dan efesien,apalagi dengan melibatkan masyarakat, sehingga dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat juga”.

Menurutnya program Homestay Desa Wisata dari Kementrian Pariwisata bakal menjadi portofolio industri baru dalam pengembangan amenitas pariwisata di Indonesia.

“Jadi mimpi kita kedepan Indonesia akan menjadi negara dengan homestay terbesar, terbanyak dan terbaik dunia, dan kegiatan HPN kita anggap sebagai moment penting, agar para wartawan ikut mempromisikan pariwisata di Indonesia kepada dunia khususnya di Sumatera Barat.” (hen/*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"