Berita AktualBerita Daerah

Kunjungi Cikande Serang, Arcandra Ajak Pemda Dukung Program Jargas

Serang – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meminta pemerintah daerah mendukung program jaringan gas (jargas). Termasuk program konventer kit bagi nelayan sehingga tidak lagi menggunakan solar. Dengan adanya teknologi ini maka kebutuhan untuk gas dalam bentuk tabung diharapkan dapat berkurang dan bisa lebih murah.

“Kita harapkan daerah berpartisipasi aktif lewat Jargas, juga program konventer kit bagi nelayan karena yang tabung dibawa, nelayan tidak lagi pakai solar. Selain biaya murah, juga ramah lingkungan,” kata Arcandra di Cikande, Serang, Banten, Selasa (15/8/2017).

Arcandra mengatakan, jaringan gas untuk rumah tangga bisa dilakukan sebagaimana menyalurkan air oleh PDAM. Namun begitu memang diperlukan program khusus dari pemerintah agar jargas bisa melayani setiap rumah.

Khusus untuk wilayah Serang sendiri, Arcandra mengatakan baru tahun depan bisa memasukkan program pembangunan jaringan gas. Pembicaraan antara perwakilan pemerintah daerah sudah dilakukan dengan pihak kementerian.

“Mungkin tahun depan kalau bisa kita masukan Serang ini,” ujar Arcandra.

Sementara itu, mendapampingi kunjungan Arcandra di Cikande, Kabupaten Serang, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, khusus di wilayah kabupaten dibutuhkan jaringan gas yang banyak. Apalagi, ada 1,5 juta lebih penduduk Serang dengan 430 ribu kepala keluarga. Namun, ia meminta ketika dibangun jaringan gas tersebut, kementerian agar memprioritaskan jaringan untuk penduduk menengah ke bawah.

“Kalau berapa, kita terima karena kementerian ngurus se Indonesia. Di 2018 kita sudah dapat ploting,” tutur Ratu Tatu.

Diketahui, tahun ini pemerintah melalui Kementerian ESDM menargetkan pembangunan jargas sebanyak 60 ribu Sambungan Rumah tangga (SR). Sementara untuk 2018, diharapkan ada tambahan hingga 105.828 SR untuk rumah tangga di 18 kabupaten. (man)