Sosialisasi Empat Pilar di Banten, Ini yang Disampaikan Zulkifli Hasan

Serang – Pancasilais adalah perilaku yang mempersatukan dan sungguh-sungguh berpihak pada rakyat. Oleh karenanya, jika ada pihak yang mengatakan bahwa Indonesia berdiri karena satu agama saja itu tidaklah benar. Demikian kata Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan saat acara sosialisasi empat pilar bersama Mathla’Ul Anwar (MA), di Yayasan Daarul Muqomah, Kota Serang, Banten, Minggu (6/7/2017).

“Pancasila itu sepenuhnya soal perilaku yang mempersatukan, yang peduli pada rakyatnya dan yang taat menjalankan ajaran agamanya. Inilah perilaku Pancasilais yang sesungguhnya” ujar Zulkifli.

Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini Pancasila harus menjadi perilaku pemimpin yang berpihak kepada rakyat. Hal tersebut diutarakan dirinya karena melihat maraknya tenaga kerja asing yang dipergunakan di dalam negeri dengan alasan bebas visa.

“Keadilan dan pemerataan pembangunan harus selalu menjadi pembahasan utama di semua daerah. Sehingga pemimpin bertanggung jawab kalau di suatu daerah ada rakyat yang masih kelaparan dan membutuhkan tenaga kerja harus diutamakan tanpa alasan apapun,” tegasnya.

Sila ke 5 Pancasila, lanjut Zulkifli Hasan menjelaskan, adalah amanat agar pemimpin sungguh sungguh berpihak pada rakyatnya. “Keadilan sosial dimulai dari komitmen pemimpin untuk bekerja sungguh mewujudkan kesejahteraan. Bekerja sungguh sungguh mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan,” tuturnya.

Politisi asal Tanjungkarang, Lampung ini menyebut Indonesia tidak dapat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bilamana tokoh bangsa dari Partai Masjumi bernama Muhammad Natsir tidak mempersatukan bangsa dengan Mosi Integralnya . “Mosi Integral Natsir ini hampir dilupakan,” katanya.

Padahal inilah yang sering disebut sebagai Proklamasi kedua untuk menyelamatkan Republik Proklamasi 17 Agustus 1945, tanpa darah yang tumpah dan tanpa pelanggaran konstitusi,” terangnya, (red/man)