Berita AktualBerita Daerah

388 Jamaah Haji asal Tangerang Banten Siap Diberangkatkan

Serang – Calon jemaah haji asal Banten segera masuk ke Asrama Haji Pondok Gede. Sedikitnya 388 calon jemaah haji kloter pertama asal Kota Tangerang, Banten, siap diberangkatkan.

Calon jemaah haji mulai masuk asrama haji pada Jumat 28 Juli 2017 sekitar pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, mereka akan diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, keesokan harinya pada Sabtu 29 Juli 2017.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Bazari Syam, mengatakan keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji asal Banten akan dilepas langsung oleh Gubernur Wahidin Halim. “Sudah ready diberangkatkan besok (Jumat) kloter pertama dari Banten dari Kota Tangerang. Malamnya menginap, paginya (Sabtu) sudah terbang ke Madinah,” kata Bazari kepada wartawan di Kota Serang, Kamis (27/7/2017).

Menurut dia, khusus jemaah haji asal Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung, menggunakan Bandara Halim Perdanakusuma sebagai lokasi keberangkatan. Bazari mengatakan tidak ditemukan kendala khusus terkait persiapan musim haji di Banten tahun 2017 ini.

Bazari mengungkapkan jumlah calon jemaah haji asal Banten mengalami peningkatan hampir 3 ribu orang. Rinciannya 9.493 orang calon jemaah didampingi oleh 122 petugas kloter, 75 orang di antaranya adalah petugas medis berupa dokter dan perawat kesehatan. Dari jumlah tersebut, jemaah dibagi ke dalam 25 kloter.

Penambahan jumlah jemaah ini, Bazari mengatakan karena ada penambahan kuota haji untuk Indonesia dan pengembalian kuota secara nasional oleh pemerintah Arab Saudi. Di Banten, jemaah paling banyak kebanyakan datang dari Tangerang, Kota Tangerang dan Serang.

“Mohon doanya supaya calon jemaah haji pada sehat dan melaksanakan ibadah haji dengan baik dan selamat,” ujar Bazari.