Berita AktualBerita Nasional

Gempa 5.5 SR Guncang Padang Sidempuan, Warga Berlarian ke Luar Rumah

Padang- Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 skala richter (SR) berpusat di darat dengan kedalaman 10 km mengguncang Padang Sidempuan, Jumat (14/7).

Berdasarkan keterangan tertulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi pukul 08.25 WIB membuat warga berhamburan keluar rumah. Atap rumah warga dilaporkan bergetar keras.

Informasi yang diperoleh dari BMKG menyebutkan pusat gempa berada di 9 km barat daya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sedangkan Badan Geologi Amerika Serika melaporkan gempa berkekuatan 5 SR berpusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar.

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD dan beberapa instansi terkait di daerah. Di Kabupaten Padang Sidempuan dilaporkan gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Di Kabupaten Padang Lawas gempa dirasakan sedang selama 20 detik. Masyarakat juga berhamburan keluar rumah. Di Kabupaten Padang Lawas Utara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Rumah terasa bergoyang dan masyarakat yang panik berhamburan keluar rumah.

Di Kabupaten Tananuli Selatan gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedangkan di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Tetapi di Kota Medan, gempa tidak dirasakan.

Berdasarkan peta gempa dirasakan, intensitas gempa di pusat gempa sekitar V -VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas.