Berita AktualBerita Nasional

Layanan Daftar Haji Semakin cepat, dari 4 Tahap

Indramayu – Kementerian  Agama (Kemenag) menjalin kerjasama dengan PermataBank Syariah dalam Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap.

Dengan layanan ini, calon jamaah haji (Calhaj) dapat melakukan pembukaan dan penyetoran dana haji secara langsung di satu tempat karena payment point Bank dan kantor Kemenang berada dalam satu atap.

Ini adalah tindaklanjut dari Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2015 yang mengatur tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler dari sebelumnya empat tahap menjadi dua tahap agar efektif dan efisien.

Sebelumnya, Calhaj harus bolak-balik dari bank ke kantor Kemenag hingga empat kali untuk memvalidasi nomor dan pembayarannya.

Kini, proses hanya menjadi dua kali karena perwakilan bank dan Kemenag telah berada dalam satu atap.

Berkat teknologi real time, proses hanya memakan waktu kurang dari sejam, seperti dinyatakan Direktur PermataBank Syariah Achmad K. Permana dalam siaran pers.

“Kami mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan kalangan perbankan Syariah ini sehingga memudahkan Calhaj menyelesaikan proses administrasi Haji-nya,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji & Umrah Kementerian Agama RI Abdul Djamil dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta pada Jumat.

Indramayu menjadi kota kelima pelaksanaan Pendaftaran Haji Satu Atap ini setelah langkah awal dilakukan di kota Bandung, Brebes, Karawang dan Cirebon. (Ant)