Berita AktualBerita Daerah

Blanko Pembuatan KTP Habis, Stok Belum Juga Datang

Serang – Puluhan ribu warga Kabupaten Serang masih belum mendapatkan KTP Elektronik, menyusul masih belum adanya stok lembar blangko KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten setempat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang, Asep Saefudin mengaku saat ini ada 74 ribu warganya yang belum mendapatkan KTP Elektronik.

“Kami sudah mengajukan permohonan ke pusat tapi dari 45 ribu permohonan blangko yang diajukan, Kabupaten Serang hanya mendapatkan jatah 4 ribu saja, dan itu pun sudah terpakai untuk pemohon yang mulai melakukan perekaman bulan Juni lalu,” paparnya, Jum’at (7/10/2016).

Menurut Asep, untuk mengatasi permasalahan ini, pihaknya hanya bisa membuat surat keterangan KTP yang berisi biodata pemegang, sesuai dengan biodata yang ada di KTP.

“Saya berharap agar semua kantor pelayanan publik mau menerima warganya yang menyertakan persyaratan KTP dengan lembar biodata ini,” kata Asep.

Asep mengaku habisnya stok blangko KTP ini bukan saja terjadi di Disdukcapil Kabupaten Serang saja, tetapi juga di hampir semua kantor Dukcapil seluruh Indonesia.

“Jika sampai pilkada nanti ternyata blangko KTP belum juga didapatkan, maka KTP berupa lembar biodata ini bisa dipergunakan untuk pemilih,” katanya. (Henny)