Satpol PP Diminta Koordinasi Hadapi Gejolak di Masyarakat

Serang – Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo Meminta Satpoll PP untuk melakukan koordinasi aktif jika terjadi gejolak di masyarakat. Hal ini diungkapkan Mendagri saat apel HUT Satpol PP dan linmas yang dihadiri puluhan kepala Satpol PP seluruh Indonesia di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Senin sore (15/2/2016).

“Kepada anggota satpol PP untuk siaga dalam menghadapi berbagai suasana di masyarakat. Satpol PP harus berkoordinasi aktif di saat menghadapi gejolak di masyarakat,” ujar Cahyo.

Dalam acara ini, Mendagri juga memberikan penghargaan kepada empat perwakilan anggota Satpol PP dan juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan perwakilan Danrem 064 Maulana Yusuf Banten dan Polda Banten dalam melakukan pengamanan bersama di masyarakat.

Mendagri mengimbau petugas Satpol PP untuk selalu tersenyum dalam mengatasi permasalahan di masyarakat. “Satpol PP harus menghindari tindakan kekerasan dan mengedepankan koordinasi dan negoisasi dalam penertiban,” katanya.

Mendagri juga mengimbau kepada pihak TNI dan Polri mau memback up petugas satpol PP. “Terutama di saat gejolak di masyarakat sudah tidak bisa tertangani lagi oleh aparat sipil ini,” ujarnya. (henny)